Metode Penelitian
1.Dari beberapa
karakterstik berikut ini, yang sesuai dengan karakteristik penelitian ilmiah
adalah ....
A. bahasa jelas, dan
dapat diverifikasi
B. objektif,emprik, dan
dapat ditindaklanjuti
C. bahasa jelas, akurat,
dan dapat ditindaklanjuti
D. emprik, subjektif,dan
dapat diverifikasi
2. Pada tingkat
generalisasi, penelitian dasar bersifat ....
A. umum dan berkaitan
dengan ilmu yang diteliti
B. abstrak dan berkaitan
dengan sains
C. konkret dan bersifat
spesifik
D. spesifik dan melekat
pada praktek di lokasi tertentu
3.Urutan yang ideal dalam
melakukan perumusan masalah adalah....
A. mencari latar belakang
masalah – identifikasi masalah – merumuskan masalah
B. mencari pustaka
terkait – merekapitulasi kumpulan masalah – merumuskan masalah
C. identifikasi masalah –
memfokuskan masalah – merumuskan masalah
D. mencari masalah –
menjelaskan masalah – merumuskan masalah
4.Pada dasarnya tujuan
penelitian berfungsi sebagai ....
A. pedoman bagi peneliti
unutk menjalankan aktivitas penelitian tanpa kesalahan, baik yang disengaja
maupun tidak disengaja
B. arah petunjuk atau
pengontrol yang memandu agar seluruh tahapan aktivitas penelitian yang akan
dilakukan tidak menyimpang
C. alat kontrol bagi
pemberi dana agar aktivitas penelitian dilakukan sesuai dengan jangka waktu dan
dana yang telah ditetapkan
D. acuan bagi peneliti
lain untuk melihat sampai sejauh mana aktivitas penelitian dilakukan di tempat
yang telah ditentukan
5.Penelitian yang secara
tipikal menunjukkan adanya keingintahuan yang besar dari si peneliti untuk
memahami atau mengkaji lebih dalam suatu fenomena tertentu termasuk ke dalam
penelitian jenis ....
A. eksplorasi
B. deskripsi
C. eksplanasi
D. intuisi
6.Hipotesis yang menguji
penerapan metode belajar tertentu dengan capaian hasil belajar siswa merupakan
salah satu contoh hipotesis yang baik dilihat dari sudut ....
A. ada kemungkinan
hipotesis tersebut tidak benar
B. sifat kemustahilan
dari pembuktian hipotesis tersebut
C. penggunaan dua
variabel dalam hipotesis tersebut
D. rasionalitas yang dapat
diukur dari hipotesis tersebut
7.Hipotesis yang
diturunkan dari teori yang sudah banyak dikenal dan mempunyai kontribusi dalam
dunia ilmu pendidikan dinamakan ....
A. hipotesis deduktif
B. hipotesis induktif
C. hipotesis penelitian
D. hipotesis nol
8.Pak Adi akan melakukan
penelitian untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam matapelajaran PKn.
rumusan hipotesis yang paling tepat untuk penelitian tersebut adalah ....
A. Bagaimana cara
meningkatkan motivasi belajar siswa dalam matapelajaran PKn
B. Penggunaan metode
diskusi dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam matapelajaran PKn
C. motivasi belajar siswa
dalam matapelajaran PKn meningkat
D. meningkatkan motivasi
belajar siswa dalam matapelajaran PKn
9.Bagian dari proposal
penelitian yang berisi temuan-temuan penelitian yang berkaitan dengan masalah
atau variabel penelitian yang pernah dilakukan oleh peneliti-peneliti
sebelumnya adalah ....
A. bab latar belakang
B. bab tinjauan pustaka
C. bab metode penelitian
D. bab hasil &
pembahasan
10.Salah satu tujuan
melakukan kegiatan tinjauan pustaka adalah ....
A. menemukan variabel
penelitian yang penting
B. mencontoh apa yang
sudah pernah dilakukan peneliti terdahulu
C. mendapatkan pendekatan
yang steril
D. memastikan bahwa
temuan kita sejalan dengan temuan penelitian sebelumnya
11.Buku acuan yang memuat
data publikasi dari buku-buku ataupun artikel riset dalam suatu topik tertentu
disebut ....
A. general references
B. bibliografi
C. buletin
D. ensiklopedi
12.Salah satu langkah
yang perlu dilakukan pada saat mencari sumber pustaka berupa media cetak adalah
....
A. mencari topik
penelitian
B. mengumpulkan semua
buku yang ada
C. menemukan kata kunci
yang relevan
D. mencatat buku yang
dibaca
13.Fasilitas dalam
Internet yang memungkinkan kita untuk melakukan log in sebagai user jarak jauh
untuk mengakses suatu alamat situs tertetnu disebut ....
A. FTP
B. Telnet
C. Browser
D. Command
14.Membuat ringkasan
merupakan salah satu cara yang dapat digunakan dalam ....
A. membuat latar belakang
masalah
B. mengembangkan masalah
C. memformulasikan tujuan
D. menelaah sumber
pustaka
15.Dua hal yang harus
diperhatikan pada saat memilih sumber pustaka adalah ....
A. keberadaan pustaka dan
jenis informasi yang diberikan
B. relevansi sumber
pustaka dan kemutakhiran pustaka
C. jenis pustaka dan
frekuensi perujukan pustaka
D. penulis pustaka dan
bidang kajian pustaka
16.Tiga hal penting dalam
penyusunan kerangka teori penelitian adalah ....
A.
judul-subjudul-penjelasan untuk tiap variabel
B. struktur-kesatuan-ketarkaitan
antara hal-hal yang dibahas
C. pendahuluan-latar
belakang-pembahasan tiap temuan
D.
teori-praktek-implikasi yang harus duperhatikan
17.Pertimbangan berapa
waktu yang tersedia untuk melakukan penelitian menjadi salah satu aspek yang
harus diperhatikan pada saat peneliti menentukan ....
A. topik masalah
B. desain penelitian
C. metode penelitian
D. analisis penelitian
18.Untuk memastikan bahwa
data yang digunakan dalam penelitian valid adalah sebagai berikut, kecuali ....
A. data yang berasal dari
sumber sekunder
B. data statistik yang
diterbitkan oleh departemen pemerintah
C. data dari hasil
penelitian sebelumnya
D. data dari sumber yang
tidak jelas
19.Penelitian yang
menggunakan desain: O X O menunjukkan bahwa desain penelitian yang digunakan
....
A. termasuk desain
korelasional antara dua variabel
B. adalah desain
diagramatik antar observasi dan perlakuan
C. mempunyai satu
kelompok yang diobservasi dua kali
D. merupakan desain
skematik antar observasi dan perlakuan
20.Desain eksperimental
yang menunjukkan bahwa dalam satu penelitian terdapat dua kelompok dimana satu
kelompok mendapat perlakuan dan diobservasi setelah perlakuan sementara
kelompok yang satu yang juga non-ekuivalen tidak mendapat perlakuan namun
diobservasi pada waktu yang sama dengan kelompok perlakuan, dapat digambarkan
sebagai berikut ....
A. O X1 O
B. R X O R O
C. X1 O X2 O
D. R O X O R OXO
21.Ketidakcermatan dalam
memilih kelompok dalam suatu penelitian dapat menyebabkan terjadinya ancaman
terhadap validitas ....
A. histori
B. maturasi
C. instrumentasi
D. regresi statistikal
22.Desain penelitian yang
merupakan kombinasi dari dua desain ES (Eksperimental Sejati) dikenal juga
sebagai ....
A. desain
Pretest-Posttest Control Group
B. desain Posttset-only
Control-Group
C. desain Kelompok Empat
ala Solomom (KES)
D. desain Kelompok
Kontrol Tes Awal dan Akhir (KKTAA)
23.Situasi dimana subjek
penelitian tahu bahwa ia terlibat dalam eksperimen sehingga respon yang
diberikan disesuaikan dengan penafsiran subjek tersebut terhadap tujuan
penelitian, dikenal sebagai ....
A. efek histori
B. efek Rosenthal
C. efek Hawthorne
D. efek Novelty
24.Pada situasi dimana
penelitian mungkin memiliki dampak destruktif terhadap objek yang diteilti, apa
yang harus dilakukan peneliti? ....
A. menggunakan data
sekunder
B. tidak melanjutkan
penelitian
C. menarik sampel dari
populasi objek yang diteliti
D. mencari alternatif
untuk mengurangi dampak
25.Perhatikan gambar
berikut. Gambar ini menunjukkan penarikan acak dengan cara ....
A. sampel acak sederhana
B. sampel acak berlapis
C. sampel acak klaster
D. sampel acak dua tahap
26.Menentukan sampel
dengan bantuan potongan-potongan kertas kecil untuk mewakili sampel, dikenal
sebagai teknik penarikan sampel ....
A. acak sederhana
B. acak berlapis
C. acak kluster
D. acak probabilitas
27.Langkah ke dua dalam
penarikan sampel acak berlapis adalah ....
A. tentukan ukuran sampel
B. identifikasi variabel
yang akan diteliti
C. buat strata yang
diperlukan
D. kelompokkan anggota
populasi berdasarkan lapisan
28.Penarikan sampel yang
paling tepat untuk penelitian tentang perbedaan hasil belajar siswa SD kelas
rendah dan kelas tinggi pada matapelajaran Matematika yang diajar melalui
metode pembelajaran “X” di satu sekolah adalah….
A. sampel acak sederhana
B. sampel acak
proporsional
C. sampel acak klaster
D. sampel acak dua lapis
29.Pemilihan sampel yang
dilakukan berdasarkan kebetulan dan kebutuhan dikenal sebagai ....
A. sampel purposif
B. sampel sistematis
C. sampel kuota
D. sampel aksidental
30.Prediksi yang
dilakukan Gallup terhadap kandidat presiden Amerika dengan sampel yang cukup
besar ternyata meleset karena ....
A. kesalahan instrumen
B. kesalahan teknik
pengumpulan data
C. kesalahan
mendefinisikan populasi
D. kesalahan penentuan
sampel
31.Pertanyaan “Bagaimana
pendapat Anda terhadap sikap guru yang melakukan demonstrasi guru?” hendaknya
dihindari dalam penelitian karena ....
A. tidak semua guru
melakukan demontrasi
B. tidak semua guru
bersedia menjadi responden
C. pertanyaan ini dapat
diartikan beda oleh orang yang berbeda
D. pertanyaan ini terkait
erat dengan empati guru
32.Di jenjang konstrak,
konsep “disiplin” perlu dijabarkan ke dalam serangkaian ciri-ciri/sifaf yang
diamati dan dinilai kedisiplinannya dari aspek, misalnya ....
A. kecepatan ybs dalam
mengetik
B. jam pulang dan masuk
kantor
C. rutinitas kegiatan
dalam rapat
D. tinggi badan
33.Salah satu upaya untuk
menjamin bahwa responden dapat mengisi atau menjawab kuesioner dengan benar
adalah melalui ....
A. menanyakan tentang
fakta
B. mengajukan pertanyaan
tertutup
C. memberi petunjuk
pengisian kuesioner
D. menggunakan format
yang mudah dipahami
34.Pada jenis wawancara
apa tidak dibutuhkan pedoman wawancra yang detail tetapi cukup semacam rencana
umum untuk menanyakan pendapat atau komentar responden tentang suatu topik?
....
A. wawancara terstruktur
B. wawancara terukur
C. wawancara tak
terstruktur
D. wawancara tak terukur
35.jika seorang peneliti
ingin mencatat kelakuan-kelakuan luar biasa yang dinilai penting dari objek
yang ditelitinya maka digunakan alat yang dikenal sebagai ....
A. anecdotal records
B. catatan berkala
C. check list
D. rating scale
36.Mirrors for Bahavior
and Evaluating Classroom Instruction merupakan salah satu contoh dari ....
A. format check list
B. format rating scale
C. format catatan berkala
D. format observasi
standar
37.Validitas yang
dikatakan sebagai prosedur validasi yang paling kuat adalah ....
A. validitas permukaan
B. validitas kriteria
C. validitas konstrak
D. validitas isi
38.Tiga aspek penting
dalam reliabilitas mencakup ....
A. dapat digunakan, dapat
direplikasi, dapat dihitung
B. dapat dihitung, dapat
diramalkan, dapat dibuktikan
C. dapat diandalkan,
dapat diramalkan, menunjukkan ketepatan
D. dapat diandalkan,
dapat direplikasi, menunjukkan ketepatan
39.Untuk mendapatkan
pengukuran yang valid sekaligus reliabel, peneliti dapat melakukan ....
A. mendahulukan kebenaran
konstrak dari variabel yang diteliti
B. mengembangkan alat
ukur yang tepat untuk mnegukur konsep yang benar
C. memperhatikan dengan
teliti keandalan alat yang dikembangkan
D. menggunakan alat yang
sudah pernah digunakan peneliti sebelumnya
40.Untuk masalah
penelitian “Apakah ada pengaruh penerapan pola pembelajaran X pada nilai
matapelajaran Sejarah siswa”. Hipotesis yang sesuai adalah ....
A. penerapan pembelajaran
Sejarah memiliki pengaruh terhadap nilai matapelajaran tersebut
B. nilai matapelajaran
Sejarah siswa akan mempengaruhi pola pembelajaran X yang diterapkan
C. penerapan pola
pembelajaran X pada siswa akan berpengaruh positif terhadap nilai matapelajaran
Sejarah siswa
D. perilaku siswa pada
matapelajaran sejarah dipengaruhi oleh pola pembelajaran X yang diterapkan
41.Nilai ulangan bahasa
Indonesia siswa kelas VI sekolah dasar diukur berdasarkan ....
A. skala nominal
B. skala ordinal
C. skala interval
D. skala rasio
42.Teknik pengolahan data
yang memungkinkan peneliti menarik kesimpulan berdasarkan hasil penelitian pada
sejumlah sampel dari suatu populasi, dinamakan teknik anaisis ....
A. statistik deskriptif
B. statistik inferensial
C. koefisien korelasi
D. tingkat signifikansi
43.Berikut ini tip yang
diberikan Eckhardt & Erman (1977) untuk membuat laporan penelitian yang
jelas dan mudah di pahami ....
A. sajikan informasi
dengan cara yang sistematis untuk memperlihatkan bahwa peneliti memahami
masalah
B. gunakan istilah/
jargon abstrak untuk memperkaya mutu laporan
C. tuangkan dengan jelas
hakekat dan hasil penelitian sesuai dengan target pembaca yang dituju
D. gunakan bahasa ilmiah
sehingga laporan memeberikan kesan ilmiah yang kental
44.Untuk masalah
penelitian “Apakah ada pengaruh penerapan pola pembelajaran X pada nilai
matapelajaran Sejarah siswa”. Hipotesis yang sesuai adalah:
A. penerapan pembelajaran
Sejarah memiliki pengaruh terhadap nilai matapelajaran tersebut
B. nilai matapelajaran
Sejarah siswa akan mempengaruhi pola pembelajaran X yang diterapkan
C. penerapan pola
pembelajaran X pada siswa akan berpengaruh positif terhadap nilai matapelajaran
Sejarah siswa
D. perilaku siswa pada
matapelajaran Sejarah dipengaruhi oleh pola pembelajaran X yang diterapkan
45.Bagian dalam laporan
penelitian yang berisi informasi tentang prosedur rinci yang ditempuh untuk
mengumpulkan data, bagaimana instrumen dikembangkan, bagaimana validasi
terhadap instrumen, dan bagaimana pengadministrasiannya adalah .....
A. sumber data
B. cara pengumpulan data
C. teknik pengukuran
variabel
D. teknik analisis
46.Pedoman yang dapat
diikuti untuk menyejikan temuan penelitian yang komunikatif, antara lain ...
A. tampilkan hasil uji
statistik yang signifikan untuk meningkatkan kepercayaan pembaca
B. gunakan tabel dan
gambar saja untuk memudahkan pembaca memahami temuan penelitian
C. sajikan data (nominal)
yang dapat menarik perhatian diikuti dengan prosesntase untuk memudahkan
D. sajikan dahulu
gambaran umum populasi atau sampel penelitian baru diikuti dengan sajian hasil
analisis data
47.Sebagai titik awal
diadakannya penelitian, masalah perlu dideskripsikan secara ....
A. jelas dan menarik
untuk mencuri perhatian pembaca
B. hati-hati dalam bentuk
pertanyaan maupun pernyataan
C. akurat dan didukung
berbagai pendapat atau bukti empirik
D. terang dan lugas agar
mudah digunakan sebagai pedoman
48.Dalam mendeskripsikan
sumber data untuk laporan penelitian, peneliti harus memperhatikan dampak dari
informasi yang diberikan terhadap ...
A. tujuan penelitian
B. sumber data itu
sendiri
C. nilai yang dianut
masyarakat
D. reaksi pembaca
terhadap laporan penelitian tersebut
49.Faktor sebagian besar
pembaca pada saat membaca laporan hasil penilaian adalah pada ...
A. latar belakang
B. tinjauan pustaka
C. metode penelitian
D. temuan penelitian
50.“Secara umum tingkat
kemandirian siswa kelas VI SD X bervariasi, mulai dari kurang sampai dengan
kuat, tidak ada satupun yang mempunyai tingkat kemandirian sangat kuat”. Dalam
penelitian, pernyataan tersebut merupakan ....
A. diskusi
B. kesimpulan
C. saran
D. rekomendasi
0 Response to "Soal UT PAUD Metode Penelitian"
Post a Comment