Soal UT PAUD Metode Pengembangan Seni


METODE PENGEMBANGAN SENI

1.   Karya kreatif koreagrafer Guruh Sukarno Putra yang diekspresikan dalam wujud tari kontemporer termasuk seni sebagai ....
A.   karya cipta
B.   karya seni
C.   hobby
D.   kegiatan manusia

2.   Dalam lagu-lagu ciptaan Rhoma Irama tercermin gaya pengekspresiannya yang khas. Kekhasan tersebut termasuk sifat dasar seni ....     
A.   ekspresi
B.   kreatif
C.   individual
D.   kelompok

 3.   Gagasan yang diwujudkan menjadi suatu karya seni melalui pemanfaatan properti dan keterampilan teknik dapat dinikmati dan diapresiasi melalui unsur ....
A.   gaya
B.   medium
C.   tema
D.   struktur seni

4.   Pada umumnya anak usia TK lebih menyukai karya tari improvisasi dari pada tari tradisional. Karya tari yang disukai ini termasuk ragam seni ....
A.   sastra
B.   modern
C.   pertunjukan
D.   terapan

5.   Dalam kegiatan seni ditemukan nilai-nilai yang sangat berperan dalam mengembangkan berbagai kemampuan dasar anak. Konsep tersebut termasuk dalam ....
A.   seni dalam pendidikan
B.   tujuan pembelajaran seni
C.   pendidikan melalui seni
D.   seni sebagai media

6.   Pendekatan multikultural dalam pendidikan seni di sekolah bertujuan untuk ....
A.   menumbuhkan pemahaman anak dalam aspek sosial
B.   mengembangkan kemampuan meng-ekspresikan diri
C.   membentuk pribadi yang harmonis
D.   menumbuhkan kesadaran dalam pembentukan sikap saling menghargai

7.   Sejak Ani senang berlatih menari dan melukis kini tampak sikap sabar dan toleransinya terhadap teman-temannya di kelas. Perubahan sikap Ani adalah dampak tidak langsung dari fungsi pembelajaran ....
A.   sikap
B.   seni
C.   sosial
D.   kepribadian

8.   Proses berkreasi yang memberikan kebebasan kepada anak untuk mengungkapkan perasaan, emosi dan keinginannya dengan cara yang menyenangkan sesuai karakteristik anak merupakan media ....
A.   pembelajaran
B.   komunikasi
C.   bermain
D.   ekspresi

9.   Tari “Merak” menyampaikan pesan melalui gerakan-gerakan menirukan karakter burung merak dan secara visual ditampilkan dalam kostum tari yang berwarna-warni. Hal ini menunjukkan peranan tari sebagai media ....
A.   ekspresi
B.   kreativitas
C.   komunikasi
D.   pengembangan bakat

10.   Rossi sangat antusias mengikuti pelajaran seni terutama pelajaran vokal sehingga Rossi dapat mengembangkan kemampuannya. Hal ini menunjukkan pembelajaran seni sebagai media ....
A.   pengembangan bakat
B.   pengembangan kreativitas
C.   pembelajaran terpadu
D.   komunikasi



11.   Menurut Haskel, fokus pendidikan seni di Taman Kanak-kanak adalah ....
A.   mengasah ketajaman rasa dan pengendalian emosi
B.   membuat anak mampu menghasilkan suatu karya
C.   melaksanakan perintah guru pada jam belajar
D.   belajar yang baik hanya melalui kegiatan seni

12.   Faris seorang anak yang cerdas. Ketika mengikuti pelajaran musik dan bernyanyi ia cepat menerima dan penuh semangat. Kemampuan musik serta antusiasme Faris menunjukkan Faris memiliki ciri anak ....
A.   kreatif
B.   berbakat
C.   cerdas
D.   kurang cerdas

13.   Ochi memiliki suara bagus dalam bernyanyi, suaranya dapat menjangkau nada-nada tinggi sesuai karakteristik suara anak. Ketinggian nada yang dicapai Ochi disebut ....
A.   nada
B.   durasi
C.   timbre
D.   pitch

14.  
            
        Pola aba-aba tersebut adalah 2 hitungan. Ketukan bertekanan jatuh pada  gambar,     pada setiap ruas. Pola aba-aba ini disebut ....
A.   irama
B.   melodi
C.   birama
D.   durasi

15.   Ruang nada lagu anak-anak pada umumnya mencapai 1 (satu) oktaf. Ruang nada disebut juga ....
A.   gerak maju
B.   wilayah nada
C.   ukuran
D.   ritmik

16.   Lagu yang dinyanyikan anak TK dalam 2 (dua) suara yaitu suara 1 dan suara 2, serta diiringi alat musik, disebut paduan unsur ....
A.   birama
B.   irama
C.   ritmik
D.   harmoni

17.   Bernyanyi dapat mempengaruhi kemampuan ekspresi diri anak terhadap lingkungannya. Dengan demikian bernyanyi dapat menumbuhkan ....
A.   kelancaran berbahasa anak
B.   kepercayaan diri anak
C.   aktivitas bernyanyi anak
D.   minat dan bakat anak

18.   Agar saat Anda bernyanyi tidak menjadi serak karena nada tinggi atau karena harus menyanyikan beberapa buah lagu, disarankan Anda melakukan olah vokal dengan memanfaatkan ….
A.   alat bicara
B.   resonansi
C.   pita suara
D.   pernafasan

19.   Kemampuan anak menciptakan musik sederhana seperti membuat syair lagu merupakan kemampuan dalam aspek ....
A.   intelektual
B.   estetis
C.   emosional
D.   kreativitas

20.   Melatih perkembangan intelektual anak dalam bidang musik dapat dilakukan guru melalui kegiatan ….
A.   bermain peran sambil menyanyikan lagu yang sesuai
B.   anak bernyanyi atau bermain musik sendiri
C.   memperkenalkan lagu daerah
D.   anak mengenal nyanyian melalui televisi

21.   Anak dapat mengenal nama-nama binatang melalui kegiatan bernyanyi, sambil berperan sebagai gajah. Ini termasuk kegiatan ….
A.   pengembangan emosional anak
B.   pengembangan kemampuan bernyanyi anak
C.   mengembangkan pendengaran anak
D.   meningkatkan pengucapan kata



22.   Tujuan kegiatan pergelaran musik yang diselenggarakan di sekolah diantaranya untuk melatih kepekaan anak terhadap musik pengiring. Konsep dasar musik yang harus terwujud untuk tujuan tersebut antara lain adalah kemampuan ….
A.   memainkan
B.   mendengarkan
C.   kreativitas
D.   emosional

23.   Tarian yang diciptakan oleh kelompok masyarakat tertentu untuk mengungkapkan keyakinannya pada aturan alam yang dianggap dapat mengatasi hal-hal yang akan terjadi dan dilanjutkan secara turun temurun disebut jenis tari ….
A.   rakyat
B.   primitif
C.   klasik
D.   daerah

24.   Tari Seudati dari daerah Aceh adalah tari rakyat yang menggambarkan kepahlawanan. Tari ini termasuk jenis tari rakyat berdasarkan ....
A.   jenis
B.   tema
C.   bentuk
D.   sejarah

25.   Tarian yang rumit karena banyak aturan yang harus dipatuhi dalam hal gerak dan terkait dengan aturan-aturan kehidupan yang berlaku di tempat asal tari tersebut termasuk jenis tari ….
A.   primitif
B.   klasik
C.   daerah
D.   rakyat


26.   Karya tari yang diciptakan dengan kebebasan baik bentuk maupun tema, sesuai keinginan sang koreografer tanpa dibatasi oleh aturan-aturan disebut karya tari ....
A.   klasik
B.   modern
C.   rakyat
D.   tradisional

27.   Dalam menciptakan tari yang menarik bagi anak TK, guru hendaknya memiliki kemampuan penggarapan unsur-unsur komposisi tari namun tetap harus sesuai dengan ....
A.   karakteristik tari
B.   ide atau tema yang diminati anak
C.   usia anak Taman Kanak-kanak
D.   kurikulum Taman Kanak-kanak

28.   Terciptanya ruang yang disebabkan arah gerak penari seperti arah ke depan membentuk garis lurus atau arah ke belakang membentuk garis lengkung disebut ....
A.   ruang gerak yang dijangkau penari
B.   ruang bersifat imajinatif
C.   tempat rias penari
D.   properti yang digunakan penari

29.   Pengetahuan penata tari tentang cara memilih dan menata gerak menjadi sebuah karya tari disebut ....
A.   keterampilan
B.   kreativitas
C.   komposisi
D.   unsur tari

30.   Formasi yang dibentuk oleh para penari seperti huruf w,s dan sebagainya disebut disain ....
A.   atas
B.   lurus
C.   lantai
D.   vertikal

31.   Gerakan penari yang membentuk ke dalam seperti tekukan tajam pada siku-siku menimbulkan kesan penuh kekuatan disebut desain ....
A.   lengkung
B.   murni
C.   ke dalam
D.   bersudut

32.   Penari yang melakukan gerakan membentuk lingkaran searah dengan anggota badannya secara berulang-ulang disebut desain ....
A.   horizontal
B.   kontras
C.   spiral
D.   lengkung

33.   Properti yang digunakan penari seperti selendang untuk menggambarkan kobar api disebut disain ....
A.   terlukis
B.   medium
C.   tinggi
D.   rendah

34.   Gerakan kedua tangan penari menuju kesatu titik di atas kepala seakan menimbulkan kesan kuat disebut disain ....
A.   kontras
B.   lengkung
C.   bersudut
D.   vertikal

35.   Ilustrasi musik yang khusus diciptakan untuk suatu tarian berfungsi sebagai musik ....
A.   ilustrasi
B.   melodi
C.   pengiring
D.   karya cipta

36.   Tata pentas panggung terbuka penataannya disesuaikan dengan tema tarian untuk mendukung pergelaran sehingga penari dengan mudah dapat ....
A.   bergerak ke berbagai arah
B.   menari sesuai setting
C.   dilihat dari berbagai arah
D.   dilihat dari arah depan penari

37.   Ara anak TK kelompok A telah berani tampil membawakan tari kupu-kupu di depan teman-temannya. Hal ini merupakan wujud kemampuan anak dalam ....
A.   menggerakkan anggota tubuhnya
B.   melakukan kordinasi gerak yang harmonis
C.   koordinasi yang seimbang dalam menari
D.   berinteraksi dengan orang lain

38.   Anak secara kelompok dapat menirukan gerakan daun kelapa yang ditiup angin kencang sambil berlari-lari membentuk garis lurus dan diagonal. Kemampuan anak tersebut termasuk dalam pengembangan ....
        A.   daya nalar anak
B.   kreasi gerak anak
C.   kreativitas anak
D.   emosional anak

39.   Anak-anak usia TK umumnya senang dan kagum dengan tokoh-tokoh film kartun. Mereka akan senang jika tema tariannya adalah tokoh yang disenanginya. Hal ini termasuk dalam kemampuan dasar ....
A.   sosial anak
B.   perseptual anak
C.   intelektual anak
D.   emosional anak
     
40.   Anak dapat bergerak secara spontan dengan gerakan yang unik ketika guru membunyikan musik. Kemampuan tersebut termasuk dalam kemampuan ....
A.   intelektual
B.   menari
C.   estetik
D.   kreatif

41.   Salah satu karakteristik pendekatan pembelajaran tari di TK yang harus dilaksanakan guru di sekolah adalah ....
A.   menari melalui bermain
B.   menari dengan tema yang telah ditentukan guru
C.   tari daerah setempat
D.   tari kreasi baru

42.   Membuat perencanaan bagi penata tari berguna untuk ....
A.   memberi gambaran wujud tari yang utuh
B.   mengontrol langkah-langkah penciptaan
C.   panduan dan acuan dalam proses penciptaan
D.   mengungkapkan gagasan tari

43.   Ketika membuat karya tari bersama anak didik, sebaiknya guru melibatkan anak dan membimbing anak dalam proses mencipta agar anak aktif dalam ....
A.   menemukan tema dan mencipta gerak
B.   bersosialisasi dengan teman kelasnya
C.   berkreasi dalam kegiatan tari
D.   pembelajaran tari

PETUNJUK:  UNTUK SOAL NOMOR   44   SAMPAI   49,   PILIHLAH:
A.   JIKA 1) DAN 2) BENAR!
B.   JIKA 1) DAN 3) BENAR!
C.   JIKA 2) DAN 3) BENAR!
D.   JIKA 1), 2), DAN 3) SEMUANYA BENAR!    
44.   Bu Tina bercerita tentang kehidupan ikan menggunakan media akuarium dan berbagai jenis ikan, kemudian anak diminta menggambar ikan. Hasil menggambar anak sangat bervariasi, unik dan menarik. Melalui pembelajaran ini Bu Tina telah menstimulus pertumbuhan ....
1)   ide-ide imajinatif anak
2)   memecahkan masalah melalui proses eksplorasi
3)   sensitivitas indrawi anak

45.   Kegiatan berolah seni seperti menari dengan properti, bermain musik dengan aneka bunyi-bunyian dan mencampur aneka warna cat sambil bermain sangat menyenangkan bagi anak TK. Kegiatan tersebut dapat menggugah ....
1)   motivasi anak terhadap kesenian
2)   minat anak terhadap seni
3)   imajinasi anak terhadap seni

46.   Pembelajaran apresiasi seni di TK dapat membantu mengembangkan seluruh fungsi mental dan perilaku anak karena melibatkan pengalaman ....
1)   mengamati karya teman
2)   menghargai aktivitas teman
3)   menikmati hasil kreasi teman

47.   Menurut Donald Jack Davis pengalaman seni yang diperoleh anak melalui pembelajaran seni di sekolah dapat membentuk beberapa perilaku anak antara lain ....
1)   belajar menghayati
2)   mengembangkan kepekaan dan pemahaman
3)   pameran karya seni

48.   Kebiasaan guru mengajarkan tari dengan cara memberikan contoh gerakan tidak efektif untuk mengembangkan seluruh potensi dasar anak. Oleh karena itu guru perlu merubah cara tersebut dengan melakukan empat tahap kegiatan berikut ....
1)   eksplorasi dan improvisasi
2)   ekspresi dan komposisi
3)   evaluasi dan komposisi
49.   Berbagai sikap anak dapat tumbuh dan berkembang melalui kegiatan pementasan tari, diantaranya adalah memupuk sikap ....
1)   berani mengekspresikan diri
2)   percaya diri bagi anak
3)   toleransi dengan sesama teman

Related Posts :

0 Response to "Soal UT PAUD Metode Pengembangan Seni"

Post a Comment