Metode Pengembangan Sosial Emosional
1. Menurut World Book Dictionary emosi didefinisikan sebagai....
A. kecenderungan tindakan
|
B. berbaga iperasaan yang kuat
|
C. perasaan dan pikiran khas
|
D. suasana yang kompleks
|
2.Tahap terjadinya emosi
berupa perubahan pada wajah dan daerah yang dapat diamati disebut....
A. elicitors
|
C. state
|
D. expression
|
D. expression
|
3.Contoh fungsi emosi yang
mengganggu aktivitas motorik dan mental anak yaitu....
A. ramah dan penolong
|
B. takut dan stress
|
C. sedih dan menangis
|
D. tertawa dan gemmbira
|
4.Rasa impulsif dan frustrasi
pada anak tergolong kedalam jenis emosi dasar.....
A. gembira
|
B. marah
|
c. takut
|
D. sedih
|
5.Tugas pengembangan sosial
yang berkaitan erat dengan kemampuan memahami orang lain disebut....
A. sikap sosial
|
B. belajar berkomunikasi
|
C. belajar berorganisasi
|
D. sikap kompromi
|
6.Hakekat manusia sebagai
mahluk sosial atau zoon
politicon merupakan
pandangan yang dikemukakan oleh.....
A. Loree
|
B. Syamsuddin
|
C. Muhibin
|
D. Plato
|
7.Pendapat berikut ini
merupakan pandangan Hurlock mengenai perkembangan sosial, kecuali....
A. belajar bertingkah laku yang diterima oleh masyarakat
|
B. belajar memainkan peran sosial yang ada dimasyarakat
|
C. belajar menjai mahluk sosial
|
D. belajar berperilaku sosial terhadap individu lain.
|
8.Salah satu karakteristik
individu yang bersifat introvert adalah.....
A. kurang suka bergaul
|
B. senang berteman
|
C. ramah-tamah
|
D. aktif
|
9.Contoh belajar
mengorganisasi dalam pengembangan sosial anak yaitu ....
A. belajar berbagi dengan individu lain
|
B. mengerti dan dimengerti individu lain
|
C. belajar berbagi peran dalam bermain
|
D. memahami akibat dari tindakan yang dilakukan
|
10.Permainan kelompok seperti
bermain menirukan aktivitas yang terjadi di pasar adalah contoh tingkatan bermain....
A. solitaire
|
B. paralel
|
C. asosiatif
|
D. kooperatif
|
11.Berikut merupakan
karakteristik pokok reaksi yang diperlihatkan oleh anak, kecuali....
A. sangat kuat
|
B. berubah pada setiap kondisi
|
C. bersifat individu
|
D. selalu sama setiap saat
|
12.Anxiety atau perasaan cemas
merupakan bentuk reaksi emosi yang tergolong sebagai....
A. marah
|
B. takut
|
C. cemburu
|
D. sedih
|
13.Keinginan anak yang tidak
terpenuhi akan memunculkan rekasi emosi....
A. marah
|
B. takut
|
C. cemburu
|
D. sedih
|
14.Contoh perilaku marah yang
bersifat impulsif yaitu....
A. frustrasi
|
B. agresi
|
C. menarik diri
|
D. lesu dan masa bodoh
|
15.Rasa tidak mampu dan malu
melakukan sesuatu tergolong merupakan reaksi takut yang tergolong.....
A. shyness
|
B. anxiety
|
C. embarrassment
|
D. strange
|
16.Pemenuhan emosi positif
pada anak akan memberi dampak rasa....
A. kecewa
|
B. sedih
|
C. aman
|
D. takut
|
17.Ciri yang bukan merupakan
perkembangan sosial pada periode bayi yaitu....
A. belum mampu membedakan objek dan benda
|
B. bereaksi terhadap suara yang ramah dan tidak
|
C. memilih teman bermain
|
D. tersenyum sosial atau social smiles
|
18.Kesedihan untuk berbagi
dengan orang lain merupakan contoh pola perilaku sosial pada awal masa
kanak-kanak yang berupa....
A. kerjasama
|
B. persaingan
|
C. kemurahan hati
|
D. empati
|
19.Contoh perilaku pada
tahapan a
normative stage dalam
penerimaan sosial yaitu....
A. kesaman nilai
|
B. kesamaan harapan
|
C. kesamaan minat
|
D. kedekatan mendalam
|
20.Contoh kemampuan guru dalam
bersikap objektif dalam mengenal perilaku sosial anak yaitu....
A. menyatu dengan lingkungan anak
|
B. bertindak adil dan bijaksana.
|
C. mengamati perlaku dan ekspresi anak
|
D. memprediksi perilaku anak
|
21.Kemampuan mengamati
perkembangan perilaku dan emosional anak disebut sebagai kemampuan....
A. prediksi
|
B. observasi
|
C. merekam
|
D. mencatat
|
22.Cara yang tepat untuk
menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan dalam perkembangan sosial
dan emosional anak yaitu.....
A. adil
|
B. tegas
|
C. disiplin
|
D. toleran
|
23.Contoh pengaruh emosional
terhadap dimensi fisik seseorang dapat terlihat dari.....
A. benci
|
B. ekspresi wajah
|
C. marah
|
D. kesal
|
24..Pengaruh emosi terhadap
perubahan mental anak yaitu.....
A. denyut jantung bertambah cepat
|
B. pupil mata membesar
|
C. konsentrasi menurun
|
D. peredaran darah bertambah cepat
|
25.Contoh bentuk perilaku yang
diakibatkan oleh kurangnya pengalaman emosional yang dimiliki anak yaitu...
A. sikap gembira
|
B. kasih sayang
|
C. cemburu
|
D. bahagia
|
26.Salah satu kemampuan guru
dan orang tua untuk mengenali perilaku sosial emosional anak adalah melalui
observasi yaitu.....
A. mengamati
|
B. mencatat
|
C. merekam
|
D. memprediksi
|
27.Contoh pengaruh sosial dan
emosional yang menyenangkan terhadap interaksi sosial anak yaitu.....
A. menarik diri dari lingkungan
|
B. mengurangi peran sosial
|
C. senang menjadi bagian dari masyarakat
|
D. kurang senang bergaul
|
28.Berikut merupakan contoh
reaksi emosi yang negatif pada anak, kecuali.....
A. mengamuk
|
B. tindakan agresif
|
C. bersahabat
|
D. melukai diri
|
29.Penyaluran energi emosional
dapat dilakukan melalui sikap......
A. agresif
|
B. antisosial
|
C. egois
|
D. berteman
|
30.Contoh pengaruh
kekurangsempurnaan fisik anak terhadap perkembangan emosional yaitu...
A. mudah memaafkan
|
B. rendah diri
|
C. suka berteman
|
D. percaya diri
|
31.Berikut ini merupakan
keadaan emotional
security yang
kurang memadai pada diri anak kecuali.....
A. mudah tersinggung
|
B. suka bergaul
|
C. suka menangis
|
D. selalu ingin berkuasa
|
32.Anak yang selalu mendapat
perlakuan kasar akan berkembang menjadi anak yang.......
A. agresif
|
B. kurang inisiatif
|
C. egois
|
D. menarik diri
|
33.Tindakan penyembuhan pada
anak yang dianggap positip mengalami gangguan emosi maupun sosial disebut.....
A. proaktif
|
B. kuratif
|
C. referal
|
D. preventif
|
34.Contoh faktor kondisi yang
mempengaruhi perkembangan sosial dan emosional anak yaitu......
A. kesehatan yang buruk
|
B. perlengkapan intelektual yang buruk
|
C. penyakit kronis
|
D. perubahan kelenjar
|
35.Berikut ini merupakan
faktor-faktor yang mendorong terjadinya gangguan tingkah laku, kecuali......
A. disiplin yang ketat
|
B. pemberian hukuman yang keliru
|
C. pemahaman dan kesadaran disiplin
|
D. meniru contoh yang tidak pantas.
|
36.Konflik yang terus menerus
dalam sebuah rumah tangga akan mengakibatkan anak bersikap......
A. pemurung
|
B. beringas
|
C. kasar
|
D. kurang sopan
|
37.Pernyataan anak merupakan
praktisi masa depan mempunyai makna......
A. kondisi emosi dan sosial anak perlu dikembangkan
|
B. anak akan mengisi baik buruknya hari esok
|
C. keberhasilan membina anak usia dini membawa kesuksesan
|
D. anak memerlukan pembinaan, bimbingan, dan pendidikan yang
baik
|
38.Salah satu karakteristik
penting dari kecerdasan emosional adalah......
A. diturunkan dari generasi sebelumnya
|
B. merupakan faktor bawaan atau genetika
|
C. tumbuh dan berkembang seumur hidup
|
D. berkaitan dengan hal-hal akademis
|
39.Menurut Goleman kecerdasan
emosional seseorang terkait dengan.....
A. menentukan sikap
|
B. memecahkan masalah
|
C. bersifat akademis
|
D. mengendalikan perasaan
|
40.Upaya pengembangan
emosional dan sosial tidak dapat ditumbuhkan bentuk melalui permainan statis
seperti......
A. lompat tali
|
B. play Station
|
C. main gundu
|
D. kucing - kucingan
|
41.Tujuan pemanfaatan
permainan dinamis dalam perkembangan emosional anak adalah untuk melatih
kemampuan......
A. individual
|
B. kerjasama
|
C. pemahamaan
|
D. pengetahuan
|
42.Menirukan perbuatan orang
tua merupakan cara anak belajar dari lingkungan melalui tindakan.....
A. trial and error
|
B. pengkondisian
|
C. imitasi
|
D. coba dan ralat
|
43.Contoh perilaku anak dalam
mematuhi peraturan dan disiplin yaitu....
A. aktif bergaul dengan teman
|
B. mengikuti aturan permainan
|
C. meniru kegiatan orang dewasa
|
D. bekerjasama dengan orang lain
|
44.DAP adalah pendekatan yang
digunakan untuk mengintegrasikan tujuan - tujuan pembelajaran dengan dimensi
perkembangan anak. Definisi ini dikemukakan oleh........
A. Maurice J. Elias
|
B. Al Mabrur
|
C. Weikert
|
D. Eliason dan Jenkin
|
45.Contoh prinsip bahwa semua
aspek perkembangan anak saling terkait yaitu.....
A. perkembangan anak dipengaruhi kematangan biologis dan
lingkungan
|
B. anak-anak memberi kontribusi terhadap perkembangannya sendiri
|
C. keterampilan berbahasa berpengaruh terhadap keterampilan
sosial
|
D. pengalaman anak bersifat kumulatif dan berpengaruh kuat
|
46.Perancangan pengembangan
kurikulum TK perlu mempertimbangkan beberapa faktor, kecuali........
A. mencakup fisik, emosi, sosial, bahasa, estetika dan kognitif
|
B. penekanan pada aspek kobnitif semata
|
C. mengintegrasikan kemampuan membaca, menulis dan berhitung.
|
D. memberikan pengalaman belajar yang bermakna
|
47.Karakteristik program
sosial emosional berbasis DAP pada anak usia 6 - 8 tahun yaitu.......
A. tertawa dan menjerit karena gembira diajak bermain
|
B. berkomunikasi dengan orang dewasa
|
C. menolong dan membela teman
|
D. senang menirukan lagu dan dongeng
|
48.Prosedur pengembangan
pembelajaran berorientasi pada perkembangan anak mempunyai karakteristik.......
A. anak pasif dan mendengar
|
B. guru aktif memberi petunjuk
|
C. belajar bersifat situasional dan menyenangkan
|
D. guru lebih banyak mengarahkan
|
49.Faktor yang tidak termasuk
kedalam pelaksanaan pembelajaran yang bersifat holistik adalah......
A. menggunakan media
|
B. memperhatikan kebutuhan guru
|
C. memanfaatkan rangsangan psikologis
|
D. memanfaatkan rangsangan fisiologis
|
50.Berikut ini merupakan
tujuan pengembangan pembelajaran multistimulus atau multisensori .......
A. menggali potensi dalam diri anak secara optimal
|
B. memfasilitasi perkembangan anak secara seimbang
|
C. mengantisipasi hal yang menghambat perkembangan anak
|
D. membuat pembelajaran lebih bersifat variatif
|
0 Response to "Soal UT PAUD Metode Pengembangan Sosial Emosional"
Post a Comment